HEADLINE NEWS BLOG YOUSAKE : | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |

, 62 comments

5 Alasan Artikel Blog Kembali Tidak Terindex Google

Google merupakan mesin pencari yang paling terkenal dan sumber terbesar datangnya visitor / pengunjung setiap blog, karena Google hampir menyediakan semua informasi yang dibutuhkan oleh setiap manusia, dan blog kita bagaikan tempat mendapatkan informasi yang dibutuhkan setiap pemilik masalah.

Artikel Blog

Setiap webmaster selalu menginginkan setiap konten yang ditulis dapat secara cepat diindex oleh raja search engine ini, karena dapat sebagai parameter seberapa cinta Google kepada blog kita. Google adalah sumber pembaca terbesar setiap blog, dari itu setiap webmaster berlomba lomba untuk mendapatkan peringkat tertinggi dalam hasil pencarian Google (Search Engine Result Page).

Read : 

Alangkah terkejutnya jika kita menemui sebuah kasus dimana lama waktu pengindex-an konten tidak seperti biasanya yaitu cukup lama. Dengan permasalahan tersebut tentu mental akan turun dan secara tidak disadari diri kita panik serta pusing.

Setiap kejadian tentu pasti ada alasannya, mungkin saja alasan yang akan saya ulas ini dapat menjadi alasan yang tepat mengapa artikel blog tidak terindex secara cepat.

Berikut ulasan :

Write Skill


Alasan #1 - Backlink.

Backlink dapat diibaratkan makanan yang wajib dipenuhi dalam sebuah blog, backlink membangun jalan bagi robot crawler dalam proses meng-crawler blog kita. Kekurangan maupun kelebihan backlink dapat menjadi faktor artikel tidak terindex dengan cepat. Pencarian backlink yang berkualitas rendah dan terlalu berlebihan juga dapat mengakibatkan tulisan kita tidak pantas untuk bersaing di SERP Google.

Pastikan blog sobat mendapatkan backlink yang berkualitas dan tidak berlebihan / over. Google tidak menyukai backlink yang terlalu banyak. Terlalu banyak ditambah tidak berkualitas akan dianggap backlink spam dan tentu blog kita akan mendapatkan sebuah hukuman dari mesin pencari terkenal tersebut. (Sandbox, Dance, De-Index, or Banned/Delete). Kualitas YES, Kuantitas NO. !


Alasan #2 - Kualitas Konten.

Jumlah dan kualitas backlink yang tepat, namun jika tidak diimbangi dengan penulisan konten yang berkualitas sama saja konten kita akan dipandang sebelah mata. Google semakin selektif dalam penempatan peringkat sebuah artikel dalam SERP-nya, karena ingin menjaminnya kepuasan pencari informasi melalui Google.

Adapun syarat syarat konten yang berkualitas adalah kepuasan pembaca terjamin, rapi, dan penulisan dengan dedikasi tinggi. Maka dari itu, jangan menulis dengan asal - asalan karena bisa saja hasil yang akan didapat alakadarnya. Kualitas konten diukur oleh seberapa kita cinta menulis artikel tersebut.

Read : 


Alasan #3 - Sitemap Tidak Terindex Di Webmaster Google.

Alasan berikutnya yaitu sitemap yang telah kita submit di webmaster Google terindex sedikit ataupun tidak terindex sama sekali. Hal semacam ini juga pernah dialami oleh blog , saya-pun kaget dan cukup panik dalam menyelesaikan masalah ini, dan syukur sitemap blog ini sudah terindex kembali oleh Google.

Lalu Bagaimana Cara Saya Menyelesaikan Masalah Ini ?.

  • Pada waktu itu permasalahan saya terletak pada Setelan >> Lainnya >> Umpan Situs >> Izinkan Umpan Blog, kasus saya terletak pada Izinkan Umpan Blog yang saya setel Tak Satupun. Mengetahui artikel tidak terindex dan sitemap ikut ikutan tidak terindex saya langsung menggantinya ke mode Penuh. Dan selang beberapa hari sitemap terindex lagi.
  • Namun permasalahannya belum selesai, terdapat 1 sitemap yang tidak terindex oleh Google alhasil konten terindex tidak secepat biasanya. Setelah berkonsultasi dengan seorang teman yang menyuruh saya untuk re-submit sitemap tersebut, dan esok harinya sitemap kembali normal hingga sampai saat ini.


Alasan #4 - Kesalahan Pengotimalan Robots.txt.

Robots.txt adalah sebuah godaan kepada robot crawler untuk mempercepat pengindex-an tulisan kita. Tapi saya tekankan disini, bagi kalian yang masih newbie / pemula dalam hal Robots.txt sebaiknya pelajari terlebih dahulu karena kesalahan pengoptimalan robots.txt dapat membuat artikel blog sobat tidak terindex. Bukan hanya semua artikelnya, homepage-pun dapat juga tidak terindex Google.

Pengoptimalan Robots.txt disesuaikan dengan kebutuhan kita, maka dari itu pastikan sobat telah mengusai dalam hal semacam kata sandi Robots.txt (Perintah Kepada Robot Crawler).

Read : 5


Alasan #5 - Mempublish Artikel Berlebihan Dalam 1 Hari.

Sama halnya dengan mencari backlink yang banyak direkomendasikan ahli seo bahwa mencari backlink sebaiknya tidak berlebihan / over, dalam dunia mempublish artikelpun juga berlaku demikian.

Alasan kelima ini juga pernah saya alami saat menemukan artikel saya tidak terindex karena membuat artikel baru yang terlalu banyak. Dari itu, buatlah konten dalam jumlah yang wajar maka Google akan memperlakukan blog sobat dengan wajar juga.

Read : 


Semoga artikel diatas dapat menjadi acuan untuk kita menulis artikel yang berkualitas yang dapat memuaskan pembaca. Menulis konten dengan dedikasi tinggi tidak ada ruginya kok, kita sendiri juga akan mendapatkan untungnya yaitu blog kita dicintai Google dan dicintai Pembaca :)

Baca Juga : 

About the Author

I adalah penulis sekaligus pemilik Blog . Dia adalah seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 di kota Bondowoso, Jatim, Indonesia


/[ 62 comments Untuk Artikel 5 Alasan Artikel Blog Kembali Tidak Terindex Google]\
said...

Sangat setuju sama yang no.1 soalnya backlink berlebihan juga bisa membuat blog dideteksi spam oleh SE dan akan hancur serpnya di google :)

said...

Yang menjadi biang permasalahan pada blog saya adalah BACKLINK . Karena mungkin saya terlalu berlebihan dalam menanamkan backlink terhadap blog saya sehingga blog saya menjadi terbengkalai sementara . Karena pada waktu yang lalu saya pernah menanamkan BACKLINK yang terlalu over sehingga artikel saya yang sebelumnya sudah terindex lama di SERP , tiba-tiba langsung down lalu menjadi hilang dari tempatnya . Dengan artikel yang anda sajikan ini , ini menjadi suatu pencerahan kepada saya sendiri . Thanks ...

said...

Sangat Mantap Gan,, 1 jam membuat Artikel ini

Saya Mungkin Belum Bisa..

yang ke 5 Batas Pempostingan Artikel Dalam 1 Hari itu Berapa Banyak gan..?

said...

Mempublish Artikel dalam 1 hari itu maksimal berapa yaa ?

said...

salah satu kesalahan yang sering terjadi pada sebagian blogger yaitu tentang Kesalahan Pengotimalan Robots.txt., banyak blogger yang salah kaprah tentang hal ini,

maksud hati untuk mempercepat peng-index'an malah sama sekali tidak terindex oleh google, jadi untuk blogger pemula sebaiknya jangan otak-atik terlebih dahulu tentang robots.txt


faktor artikel tidak terindex dengan baik juga bisa dari template lho..
jangan biasakan gonta-ganti template dalam waktu yang berdekatan. karena robot google akan "Membaca" hal yang erbeda setiap Anda ganti template :)

said...

wah bener banget mas, Bebarapa artikel saya yang kemungkinan mengkonsumsi backlink berlebih malah hilang dari SERP, kalau sudah begitu cara mengembalikan agar terindeks lagi gimana ya mas, terima kasih.

said...

blog ane kena yg pertama tuh gara-gara backlink ga jelass..
bagaimana benerinya ni..
ane ga paham soal seo..

said...

kalau seperti ini juga saya pernah ngalaminnya,..
makasih untuk penjelasannya, jika ada masalah nanti saya liha halaman page ini

said...

Jangan lupa, Banyaknya SAINGAN/PESAINGAN yang ada di SERP :)
Meskipun 5 alasan yang anda sebutkan jangan lupa dengan saingan di SERP Google.

Page 1 dipenuhi dengan Blog" yang 'JAGO' dan jika blog anda tidak mencukupi.. Rasanya sulit mencapai page 1 :)

Salam dari ViperGoy Blog

said...

kalo misal blog baru gitu juga mempengaruhi gak bang ? misal blog yang masih umur 1 - 2 minggu sedangkan saingannya masih banyak .

btw visit ke blog ane dong bang . hehe

indextrondosoul-farm.blogspot.com

said...

bener banget mas. saya pernah mengalami juga
thanks atas sharenya (y) jaya terus

said...

+Ilham : Untuk 1 harinya bisa memposting sewajarnya saja (2 - 4 post/hari).

+Loovo : Sebenarnya SEOQuake tidak terlalu akurat dan sangat lambat dalam mengupdate backlink sebuah situs.

Kedua, untuk masalah Pagerank itu menjadi masalah Google, itu adalah rahasia Google, pagerank emang susah di tebak.

Mohon kedepannya sobat Loovo tidak meninggalkan link.

+Miftahul : Dalam 1 hari jangan terlalu banyak, seperti 2 - 4 post.

+Aang Bizril : Terima kasih atas masukkannya, mohon untuk kedepannya jika berkomentar disini tidak meninggalkan link.

+Nur Sahabat : Banyak cara yang sudah di muat banyak blog mbak :) dapat dicari di Google :D

+candra : Umur blog memang mempengaruhi pengindex-an, tapi cepat lambat pengindex-an tsb akan bertambah cepat.

said...

menurut pengalaman saya, ada beberapa hal yang mempengaruhi SEO :
1. Konten (Isi postingan, ini yang paling utama, harus asli bukan copas dan harus menarik untuk dibaca oleh pengunjung, blog yang menarik akan mendapat pengunjung setia seperti saya, hehe..).
2. Meta tag description dan keywords harus sesuai dengan topik umum yang dibahas di blog.
3. Jumlah backlink dari blog/website dengan traffic bagus (maaf traffic, bukan PR).
4. Jumlah pengunjung (terutama unique visitor, publikasikan blog untuk menaikkan jumlah pengunjung).
5. Jumlah innerlink / link ke dalam (link ke posting lain dalam blog tsb.) harus lebih banyak.
6. Jangan terlalu banyak outerlink / link ke luar (link exchange, iklan, dsb. terutama jika SEO belum bagus, jangan gunakan dofollow comment).
7. Ping ke search engine dan sosial media setelah publish postingan (misal google blong ping, technorati, google +, dsb, bisa gunakan ping service gratis agar bisa ping banyak sekaligus).
8. Gunakan google webmaster tool atau tool search engine lain seperti bing, dll.
9. Setting sitemap dengan baik (terutama untuk subdomain blog seperti blogger atau wordpress.com, sitemap berupa blog feed/blog rss, alamatnya biasanya ada di bagian head pada blog).
10. Gunakan google analytic untuk mencatat semua kegiatan di blog.
11. Setting robot.txt yang benar untuk google.
12. Perbanyak posting (tapi harus unik dan menarik).

terlalu banyak ya.. maaf admin.. sekarang gak pake link lagi kan? hehe.. semoga manfaat

said...

Blog aku juga sangat sulit terindex akhir-akhir ini di google sob, padahal dulu bisa di index dalam kurun waktu 1-3 menit.....

said...

Bener banget ni.. setuju bgt sama nomor 5..
saya juga pernah ngalamin.

makasih ya udah share...

#SuksesSelalu

said...

Akhir - Akhir Ini Memang Banyak Blog Yang Sulit Pengindex kannya ..
Entah Karena Masalah Tentang Robot.txt atau Tentang Sitemap yang Sudah anda Bicarakan diatas.

Tentang Masalah Membuat Artikel Lebih dari satu dalam satu memang sangat Besar juga menurut saya Efeknya . Saya Juga Pernah Membuat Artikel Lebih dari satu dalam satu hari namanya Juga Jarang Update jadi Sering Kali saya Membuat Artikel Lebih dari satu dan Hanya Artikel Pertama Yang Langsung Terindek yang Lainnya Belum Sempat dicrawl atau bahkan Terkena Sandbox Google yang sangat Mengerikan dan Sering Kali dirasakan Oleh para blogger.

Kalo Soal Backlink Saya Masih Belum Terlalu Mengetahui nya namanya juga masih newbie.. ;(

Cukup ya,

Banyak yang live link tuh

said...

Pertama, backlink. Saya tunggu analisa Anda mengenai backlink berkualitas itu seperti apa, bagaimana, dan dimana? Seperti biasa, jika sudah ada, beri saya kabar ya.. :D hhe..

Kedua, kualitas konten. Lewat..

Ketiga, sitemap. Sitemap tidak tersemat maupun tidak terdeteksi dibagian tag header akan membawa masalah besar. Khususnya blogspot harus diperhatikan pada tag "all-head-content", jika tidak ada satu tag tersebut pada template, maka sitemap tidak terdeteksi dan semua link akan menghilang dari peredaran google. Tidak percaya? coba saja sendiri.. :D hhe.. Jadi, hati-hati bagi para blogger yang suka utak-atik meta tag.. Akan tetapi template yang dioptimasi agar valid HTML, maka tag tersebut harus dihilangkan dan diganti dengan tag rss secara manual..

Keempat, lewat..

Kelima, jumlah publish post per hari. Saya pernah membaca sebuah posting, bahwa google menyarankan blogger untuk mempublish posting baru minimal satu minggu satu posting, agar blog tetap fresh selalu.

Keenam, owh,, tidak ada ya.. lanjuuuttt..

said...

Bertambah lagi pengetahua saya soal blogging, teerimakasih mas admin atas berbaginya.

said...

saya sempat mengalami kasus no 5. Saat masih baru dalam dunia blog, saya berpikir untuk membuat super duper blog dalam sehari, jadinya posting sampai 50-100 post perhari. Tapi yang keindex jauh dari jumlah post. Beneran lho

said...

thanks
hahahaa
zainal abidin mintak yang ke enam pulak tuuu...
wkwkwkwkww

said...

Infonya sangat bermanfaat mas,

Cara mendapatkan backlink berkualitas gi mana mas ?

said...

belum mengerti benar dengan robot.txt
jadi di biarkan saja dulu. ..

said...

Saya baru tahu klo peng index an artikel itu tidak berlaku otomatis pada blog yg terindex. Masalahnya waktu index per artikel di blog saya beda-beda gan. Ada yg sehari tapi juga ada yg seminggu. Saya melihatnya drvwebmaster. Kenapa bisa gitu ya gan?

said...

Sekarang jadi tau kenapa artikel saya jarang ada di google , karena saya tidak menerapkan cara" di atas ,, makasih gan

said...

memang kalau mas dermawan sudah posting artikel jangan sampai ketinggalan buat baca, nice artikel

said...

makasih bang...sangat mengena sekali alasan2nya....emang begitulah si google memperlakukan para blogger.... harus serrba excellence pokoknya...hehehe

said...

makasih bos atas pencerahannya. blog saya lama nih indexnya.

indexnya sampai berjam-jam ada solusi nggak?

said...

wah jadi pusing mas..awalnya blog sya sdh terindex google 400..sekarang jadi menurun 375 bukan hanya itu mas..backlink dari bing pun ikut2an turun..disini dmna letak permasalahannya ya..??mohon pencerahannya mas..
trimakasih..

said...

wah, baca-baca komentar sebelum nya pada panjang ya !!! kayak nya mastah semua di sini !! jadi malu mau komen juga !!! hehe:D BTW, artikel nya lengkap. langsung di kasih solusi pemecahan masalah nya lewat artikel yang lain . mantab dah !!

said...

menambah ilmu saya ni sob, cara mengoptimalkan robot.txt gimana sob?

said...

Google juga tidak hanya mempertimbangan kuantitas backlink yang masuk tetapi juga kualitas dari backlink yang masuk tersebut.

Overall..ulasan di atas Informatif banget.

said...

Dari alasan di atas sangat berlaku untuk saya karena akhir akhir ini blog saya sangat sulit untuk naik sampai sampai saya heran dan pusing lalau saya mencari solusinya dan bertemu dengan blog ini setelah saya baa artikel di atas mungkin benar blog saya ada kekurangannya dari ke 5 alasan di atas..
Langsung saja deh saya kontrol kembali blog saya dan memperbaikinya ..
Terimakasih atas informainya gan

said...

oh.. gitu yah, baru tahu nih terimakasih yah penjelasannya sangat bermanfaat.

said...

mantap son sya jadi tau dah sekarang, ternyata seo nga bisa sembarangan di jalankan.
thanks dan semoga terus sukses.

said...

ow begitu ya alasan alasanya :)
baru tau kalau gitu akan saya usahakan agar artikel saya keindeks :)

said...

Yang terjadi pada blog saya Gan, memang sekarang tidak terindex google.. kemungkinan masalah backlink yang tidak berkualitas dan berlebihan, makasih artikelnya.. semoga sukses..

said...

Terimakasih sob, atas tipsnya , saya mau bertanya bagaimana cara memakai robot.txt ?
Dan cara mengoptimalkannya?
Tetapi saya tidak memakai robot.txt lancar lancar saja blog saya di SERP.

said...

Saya jga lagi mengalami yang seperti ini, mungkin saya salah di alasan yg ke #5 terlalu berlebihan dalam soal mempulish artikel, thanks sob sangat bermanfaat :)

said...

+ALL : maaf saya tidak dapat menjawab pertanyaan kalian, karena ada sedikit masalah.. Silahkan tanyakan kembali melalui FB saya, Insya Allah akan saya jawab..

fb : fb.com/asianhackerz

said...

jadi gan, mimal update artikel itu berapa banyak??
dan waktu yang tepat itu selang berapa jam?


balas ke fb ane >>>> fb.com/ahmadi.tanjoeng

said...

Kalo ane gan biasanya bisa keindex dalam hitungan menit, tapi kenapa sekarang butuh waktu berhari-hari untuk keindex. Kira-kira kenapa yah?

said...

Iya nih blog saya juga seperti itu, tadinya pengunjungnya banyak. Tapi sekarang berkurang mingkin karena postingannya tidak menarik. Kasih tahu dong kira-kira artikel apa yg sering di minati oleh para netter.

said...

saya mengalami artikel susah terindeks belakangan ini. Saya Posting tanggal 1 april 2013 sampai tgl 8 april 2013 belum terindeks jugapadahal sebelumnya hanya 1-2 hari sudah terindeks. Mohon Penjelasan

said...

ikutan nyimak Gan...makasih atas nginfonya

said...

informasi yang lengkap.
tadi saya baru ngecek ga taunya ada 3 artikel belum terindex tapi saya belum tau penyebabnya ada di no berapa

said...

kalau menaikan rating dihalaman pertama di google gimana gan??
terima kasih infonya ya gan..

said...

owh gitu, tapi kalo yang saya alami, banyak artikel blog saya yang sudah menghilang dari google. tidak seperti biasa, artikel terbaru saya biasanya besoknya langsung terindex di google. tapi sekarang nggak mau. apa cara diatas memang tepat buat saya?

said...

bingung..yang posting dan yang komen MASTER semuanya

said...

bingung.?? yg komen & yg posting MASTER semua...

said...

maaf tanya gan kalau post baru yang akan kita bahas itu tidak termasuk dalam katagory blog kita apa masih terindex sama om google?
misalnya dalam kesehatan trus minggu depat kita pos soal SEO apa berpengaruh?
thank sebelumnya atas masukan yang bermanfaat

said...

maaf gan mau tanya kalo misalnya hari ini google indek 1500 besok jadi 500 hari berikutnya normal lg itu kenapa gan salam kenal

said...

Namanya aja Google mas.. setiap detik selalu ada perubahan yg sulit untuk diperkirakan

said...

terima kasih sobb, kayanya permasalahan #3 menjadikan status indek blog aku jd terhambat. ijin praktekan dulu deh ^^

said...

Nyimak aja gan,karna saya masih bingung

said...

gan normalnya dalam sehari berapa post? terimakasih jawabannya

said...

Blognya sangat bagus buat kita-kita yg baru belajar,,tapi ini ada "masukan" sedikit:

About the Author
I +Darmawan Saputra adalah penulis sekaligus "pemiliki" Blog Tips Trik SEO Blogger Pemula.

kata "pemiliki" seharusnya "pemilik" sepertinya kelebihan huruf "i"

said...

Masalah PR,disamping memang untuk memfilter konten dipandangan google yah memang ada maksdu bidnisnya kan gan......

Kalau saya sedang mengalami yang no 5 kayanya,hanya kasusnya bukan publish post banyak2,namun waktu sedang menulis post,maksud hati mau buat satu post ehhh setelah ditengok di draf bisa sudah sampai 50 post tersimpan,dan bagian mau di edit salah satu nya dan mau di simpan lagi,blogger tanya ma saya ente manusia bukan? (keluar kapta uji manusia).

Setelah itu yang visitornya sudah di 40 harian jadi anjlok hari berikutnya cuma dapat 15 dah.

Jadi saran saya yang terjadi ma ane sepertinya berpengaruh sama index G,maka -kalau mau nulis post terutama sekali bagi yang jaringannya lelet jangan buru2,tunggu sampai loading halaman posting sepurna baru nulis. karena bila sempurna tidak akan save duplikat,berbeda bila belum sempurna.

Dah nambah satu saja,ini pun haisl pengalaman karena korban lelet jaringan kayanya....tank Min dan semua atas masukkanya...

said...

terima kasih untuk pencerahannya

said...

terimakasih atas masukan dan informasinya, sangat bermanfaat bagi saya yang artikelnya banyak yang masuk SANBOX,,,kedepan aan saya perbaiki.

said...

gan sya mw nnyak, saya kan kmaren smpat off blog slama 1 bulan. trus 2 minggu ini saya baru mulai ngeblog lg. awl'a sih msh sma kyk dl sma blog ,tapi baru-baru ini sudah 2 hari ini 4 artikel yg saya update sama sekali tidak diindex oleh google. sya buktikkan dengan mengkopi link artikel saya ke blog, dan sama sekali artikel saya tidak masuk. Itu kira-kira kenapa yg gan?? mohon penceharannya...

said...

banyak kemungkinannya mas.. coba riset dulu apa yang membuat artikel tidak diindex

said...

Terimakasih atas infony..
Mohon ijin meninggalkan jejak..
http://cockpitperson.blogspot.com/

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung! Silahkan tinggalkan respon tentang artikel diatas. Berkomentar tidak sesuai topic yang sedang dibicarakan akan dihapus tanpa pemberitahuan. Thanks

Maaf sobat sekalian, karena keterbatasan waktu admin blog ini tidak dapat menjawab setiap pertanyaan kalian, dan butuh waktu hingga berjam jam / berhari hari agar komentar sobat tampil di artikel blog ini.

Untuk respon komentar yang lebih cepat dari saya, anda dapat menghubungi saya melalui facebook.. (www.facebook.com/0.darmawan.saputra)