HEADLINE NEWS BLOG YOUSAKE : | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |

, 25 comments

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Optimasi SEO Image





Mengoptimasi atau mengoptimalkan suatu gambar sangatlah penting dalam rangka meningkatkan SEO blog kita, selain sebagai sarana meningkatkan SEO, mengoptimalkan gambar juga bisa sebagai .



- Gambar adalah salah satu sumber traffic bagi suatu blog yang berasal dari Google Image, maka dari itu kita perlu mengoptimasi gambar agar lebih mudah menempatkan di posisi pertama Google Image.

Adapun hal hal yang harus sobat perhatikan saat mengoptimalkan SEO Image, berikut ulasan saya :


Hal #1 - Nama Gambar.

Gambar yang bernama "Optimasi-SEO.jpg" lebih baik dimata Google, dari pada yang memiliki nama "basds-3141.jpg". Untuk alasan ini, penting untuk mengubah nama dari setiap gambar di blog sobat. Nama gambar adalah keyword, tentu yg memiliki keyword pada gambar akan memiliki peluang besar dalam persaingan Google Image.

Silahkan sobat perhatikan saat mencari sebuah gambar di Google Image, rata rata semua gambar yang berada di posisi atas memiliki nama kata kunci yang sobat ingin cari.


Hal #2 - Penggunaan Kata Kunci Gambar.

Pada saat yang sama, sobat dapat meningkatkan kemungkinan bahwa gambar di blog sobat akan ditampilkan dalam hasil Google Image dengan mengoptimalkan penggunaan ALT Text. Dua cara berikut dapat sobat pakai untuk mengoptimalkan gambar :
  1. Pemakaian ALT Text Pada Setiap Gambar.
  2. Kata Kunci Disekitar Gambar.
Kedua elemen diatas dapat memberikan informasi tambahan untuk robot crawler tentang subjek gambar. Hanya berhati-hatilah untuk tidak over-mengoptimalkan salah satu dari unsur-unsur tersebut. Gunakan kata kunci target dengan cara alami.

Penggunaan kata kunci pada gambar harus diperhatikan, gunakan 1 keyword utama, dan beberapa keyword tambahan atau keyword variasi agar gambar tersebut memiliki lebih banyak peluang menempati posisi tertinggi di Google Image.

Penggunaan ALT memang sangatlah mudah, tetapi banyak kasus yang saya temui, bahwa banyak blogger yang tipe pelupa dalam penggunaan ALT Text ini.

Read :


Hal #3 - Format / Extensi Gambar.

Sekarang, menurut pernyataan Google, tidak ada satu jenis format / extensi gambar yang diprioritaskan. Google mampu mengindeks bmp, gif, jpg, png, dan gambar WebP svg. Sehingga secara teoritis, extensi / format mana saja dapat di gunakan untuk mengoptimasi seo gambar.

Namun, banyak saya temui bahwa gambar yang berekstensi atau format JPG, cenderung lebih baik posisinya dalam Google Image. Maka disini saya menyarankan bagi sobat untuk memakai ekstensi JPG pada gambar, GIF untuk gambar animasi.


Hal #4 - Ukuran Gambar.

Ukuran suatu gambar harus diperhatikan. Mengapa ??, karena pemakain ukuran gambar yang tepat sangatlah penting dalam menjaga loading halaman tetap ringan. Loading berat akan mempengaruhi user, tentu user akan merasa jengkel berada di halaman tersebut. Pastilah halaman sobat mendapatkan posisi yg buruk, begitu juga gambar yang berada di halaman tersebut juga akan mendapat posisi yang buruk di Google Image.

Saya disini menyarankan kepada sobat untuk memakai ukuran yang sedang, dan gunakan berbagai tools untuk mengcompress gambar tersebut tanpa mengurangi kualitasnya agar loading halam menjadi ringan.

Read :


Hal #5 - Kualitas Gambar.

Kualitas gambar menjadi prioritas Google Image untuk menempatkan suatu gambar dalam penilaiannya. Google memberikan data data kepada pembaca dari yang paling baik kualitasnya (relevan no copas), sama halnya dengan Google Image juga memberikan hasil pencarian dengan kualitas yang paling baik.

Buatlah gambar semenarik mungkin, ini bisa saja menjadi peluang sobat untuk menjaring visitor dari Google Image.


Hal #6 - Memberikan Credit Gambar.

jika sobat mengambil gambar dari situs penyedia gambar, maka sobat harus memberikan kredit kepada fotografer atau pencipta gambar tersebut. Dengan melakukan ini kita akan menghormati fotografer / pencipta gambar dan sobat akan berada di tempat yang aman setelah memberi credit pada gambar.

Saya katakan berada di tempat yang aman karena beberapa gambar memiliki hak cipta dan sobat bisa berada dalam kesulitan saat menggunakan gambar tersebut dalam konten blog sobat tanpa izin. Jadi hargailah mereka (pencipta gambar).


Hal #7 - Relevansi Gambar Pada Konten.

Saya telah melihat banyak blogger yang menggunakan gambar tidak relevan dalam artikel. Sebagai contoh sobat membuat konten tentang Blogging Tips, tetapi memakai gambar "Doraemon" apakah relevan ??? TIDAK.

Gunakan gambar yang relevan sobat !!!


Baca Juga :


Sumber Gambar : http://zglobalmarketing.com/wp-content/uploads/2011/09/seo.jpg

About the Author

I adalah penulis sekaligus pemilik Blog . Dia adalah seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 di kota Bondowoso, Jatim, Indonesia


/[ 25 comments Untuk Artikel 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Optimasi SEO Image]\
said...

Hmm, Betul juga gan. karena suka banyak visitor yang sumbernya dari gambar yang nongon di google image. Makasih ya sudah share.. Salam 21webster

said...

Sebenarnya Optimasi SEO Image tidaklah terlalu penting menurut saya, namun yang dipentingkan adalah Optimasi Artikelnya

said...

Sampai Saat ini Saya Masih Belum Mendapatkan Sebuah Trafik dari Google Image Meskipun Google Image Sangat Sering Di Cari . Terkadang Para Pengunjung Hanya Mengingkan Gambarnya Saja Bukannya Artikel yang Berhubungan dengan Gambar Yang Mereka Klik. Meskipun Begitu Saya Selalu Menjadikan Gambar Sebuah Tutorial yang Lebih Memudahkan Para Pengunjung dalam Mencari Informasi , Tanpa Gambar Artikel Akan Terasa Sepi karena Tidak ada demonya xP
Komentar Panjang ya.. :v Semangat dan Terus Buat Artikel yang Semenarik Mungkin !

#sekalian Curhat

said...

Wah mantep dah sob artikel dan sarannya, jadi menambah wawasan saya lagi nih untuk memacu blog saya agar lebih berkembang seperti yang punya agan :D

said...

wahh mantap nih ilmunya..
di praktekkan dlu buat buktinya klo gitu..
thanks ya gan..ditunggu artikel yg joss lainnya ttg blogger

said...

Ooh, Seperti Itu Ternyata, Bener Juga Si Memberikan Credit Gambar Agar Gambar Di Blog Tidak Sembarang Di Copas Dan Kalau Yang ALT Itu Dengan Title Apa Bedanya? kan di gambar ada juga yang title?

said...

Walaupun Optimasi SEO Image ini gak terlalu penting , tapi apa salahnya kalau diterapkan . Supaya postingan lebih rapi, dan bagus, lengkap dan pastinya akan lebih SEO ...

said...

tips diatas bukan adalah hal yang lazim di gunakan oleh mereka yang berkecipung di dunia seo,namun sebagian blogger kurang begitu memperhatikan optimasi image ini,sehingga terkadang saat update artikel cara tersebut terlewatkan begitu saja,...thanks sob mau telah mengingatkan hehehe

said...

Benar mas darmawan, saya juga suka membuat gambar yang relevan seperti yang ada di dalam point point diatas.

Terkadang juga saya bingung optimasikan gambar dari dulu sampai sekarang, buat apa optimasi gambar tetapi tak ada hasilnya seperti mendapatkan trafik dari google image itu sendiri, ternyata setelah saya tilik-tilik kalo mau optimasi gambarpun harus dari mulai yang kecil dulu seperti yang disebutkan mas darmawan saputra diatas


Dari besar kecilnya gambar yang mau diposting di blog.
Dari nama gambar tersebut.
Pemakaian ALT Text Pada Setiap Gambar.
Samapi Kata Kunci Disekitar Gambar.
Kemudian disusul dengan yang lainnya.

setelah ditunggu beberapa hari saya melihat di statistik blog dasbor blogger saya melihat adanya trafik di google image. waktu di cek ternyata benar gambar saya berada di paling atas dengan Keyword tertentu.

Kemududian saya pikir-pikir ternyata kualitas dan kuantitas gambar pun merupakan sumber trafik yang sangat lumayan menurut saya, dan satu lagi setelah saya bertanya kepada teman saya waktu mau memposting sebuah artikel yang pertama dia lakukan-nya dulu yaitu mencari gambar yang menarik dan unik.
mungkin setelah dia melihat gambar yang menarik dan unik tersebut otomatis juga kan yang mau diambil gambarnya pasti si pengambil juga akan tertarik mengunjungi blog yang di ambil gambarnya.

Terus sesuai pengalaman probadi saya, kalo gambar yang banyak tulisan aneh-aneh dan gambar yang sudah di edit-edit kemudian dikasih tulisan Link si pembuat gambar tersebut, saya tidak tertarik mengambil image tersebut masalahnya jika memasang gambar tersebut mungkin agak gimana gitu :v

Tapi kan kalo blogger sejati seperti mas darmawan saputra udah dibilang oke, udah ngambil gambar tersebut kemudian mengasihkan sumber dari mana gambar itu didapat. otomatis jika mengasih sumber kan ada alamat url/blog yang gambarnya tadi diambil.

Jadi intinya saling menguntungkan, mas darmawan untung dan dia yang di ambil gambar/imagenya mendapat untung.

Ternyata benar yah kalo seo itu menyenangkan sekali kalo udah dipahami. Terima kasih nih mas darmawan udah mau berbagi jadi ada ilmu lagi nih, sekalian dapet ide untuk posting. (y)

said...

@Dot SEO : Dilihat dari nama saja sudah berbeda tentu Title dan ALT berbeda fungsi.

Untuk ALT berfungsi sebagai sebuah kata yang beguna untuk menjelaskan gambar tersebut kepada Robot Crawler, karena Robot Crawler tidak bisa membaca sebuah gambar.

Untuk Title, coba arahkan cursor sobat pada gambar di konten ini, fungsinya untuk informasi tambahan pada suatu gambar..

said...

kalo nyari gambar biasanya ane pake add-ons pixlr grabber, buat ngambil screen shot halaman web jd gak melanggar hak cipta

said...

Saya hanya sering memanfaatkan atribut rel sama alt untuk gambar...klw soal kualitas gambar saya kurang mmperhatikannya.
tapi ngomong2 kualitas gambar ini yg bagaimana!??? apakah kecerahan gambar atau sisi buram dari gambar,,!??? mohon di jelaskan om...tq
salam @netterku.com

said...

@Irwan Saputra : Silahkan sobat Irwan simak 2 gambar diini :

Gambar Satu (Best Quality) :

http://4.bp.blogspot.com/-bOzdVGwsh4o/UR4kfRbfiLI/AAAAAAAACFw/GP2G30lRRRA/s320/Optimized-Image-Best-Quality.jpg



Gambar Dua (Bad Quality) :

http://4.bp.blogspot.com/-AevtRgVHSro/UR4lpbO13SI/AAAAAAAACGI/_3kErDGiN1g/s320/Optimized-Image-Bad-Quality.jpg



Itulah yang saya maksud pada poin ke 5 pada konte diatas.

said...

wahhh nii sangat bermangpaat nii.. tapi sayangnya saiia gag terlalu ngerti.. gpp kan kang..?!?! saiia pokusnya di content blog ;( waktu buat utak atik malah gag ada :(

Belajar Photoshop

said...

selamat Pagi Sob,,Alhamdulillah saya sudah terbiasa menerapkan ke 7 tips optimasi gambar yang sobat bahas,,,tapi dalm hal ekstensi gambar saya cenderung menggunakan ekstensi .png

said...

wow, jadi gambar juga berpengaruh terhadap SEO ya sob?
oke deh akan aku ingat selalu ke 7 hal trsebut.

oya, selamat ya sob, blogmu terpilih menjadi "Guest This Week"nya Penghuni 60. alias bakal dipajang selama seminggu full di halaman dpn blog Penghuni 60.
liat disidebar kanan atas ya. minggu ini kamu guest starku sob.. smoga bermanfaat, happy weekend.
^_^

said...

Kalau menurut ane itu juga benar,, tp alangkah baiknya jika Optimasi gambar lbh baik gambar asli(belum termuat google) sprti itu, untuk ALT dan credit saya setuju sobb..

next nice to post

said...

TIPS YANG SANGAT BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA.. SAYA SANGAT PAHAM BETUL ARTIKEL INI DAN SAYA AKAN MEMPERBAIKI ARTIKEL ARTIKEL SAYA YANG ADA GAMBARNYA. SAYA SEKARANG MENGERTI BETAPA PENTINGNYA GAMBAR ^_^

said...

Tambahan gan, kalau bisa Gambar jangan diberi WaterMark, mungkin saja gambar yang tidak diberi watermark akan diambil untuk di blognya, pastikan sebelum mengambil gambar pasti melihat" isi blognya :D

Salam dari ViperGoy

said...

Nah disini nih tempat belajar SEO bagi newbie seperti aye... mantap tutorialnya sob... thanks tambahan ilmunya..

said...

om yousake adalah orang yang sering mengunjungi blog saya :D dan saya belajar dari beliau dari segala hal tentang SEO terimakasih om :D

said...

ya.. terima kasih untuk tutorial ini, rasanya tidak ada yang salah sehingga dalam mengoptimalkan gambar pada posting semuanya sudah ok, hanya bagaimana prakteknya saja. Salam blogger

said...

mau tanya gan, contoh penulisan ALT image itu kaya gmana ya ???

#Bingung -_-

said...

Keren gan .... Apakah Optimasi SEO Image penting ??? Kalau menurut saya yang dipentingkan adalah Optimasi Artikelnya gan ...

said...

keren dek,makasih penjelasannya, artikelnya enak dibaca dan mudah dipahami.. yang jelas informatif banget..
sukses ya buat blognyaa semoga memberikan manfaat bagi semua para blogger pemula. aamiin

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung! Silahkan tinggalkan respon tentang artikel diatas. Berkomentar tidak sesuai topic yang sedang dibicarakan akan dihapus tanpa pemberitahuan. Thanks

Maaf sobat sekalian, karena keterbatasan waktu admin blog ini tidak dapat menjawab setiap pertanyaan kalian, dan butuh waktu hingga berjam jam / berhari hari agar komentar sobat tampil di artikel blog ini.

Untuk respon komentar yang lebih cepat dari saya, anda dapat menghubungi saya melalui facebook.. (www.facebook.com/0.darmawan.saputra)